Studi: Puasa Turunkan Kadar Kolesterol Jahat Dalam Darah

"Kadar kolesterol didalam darah harus sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh, yakni sebesar 8 persen, trigliserida hingga 30 persen"
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Sebuah studi yang dilakukan dalam Annals of Nutrition Metabolism 1997 menunjukkan bahwa puasa dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang kandungan dalam darah.

Kadar kolesterol didalam darah harus sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh, yakni sebesar 8 persen, trigliserida hingga 30 persen, dan peningkatan kadar HDL yang baik sebesar 14,3 persen, agar dapat melindungi jantung dari penyakit kardiovaskular.

Dari penelitian tersebut dijelaskan bahwa pentingnya puasa untuk menurynkan kadar kolesterol jahat. Hal ini disebabkan oleh perubahan kebiasaan makan dan olah raga selama bulan Ramadan. Karena kebanyakan orang yang berpuasa cenderung memilih makanan sehat seperti kurma, kacang-kacangan, sup dan makanan rumahan.

Studi juga telah mencatat bahwa konsumsi lemak jenuh secara keseluruhan yang biasanya ditemukan pada mentega, lemak babi, daging berlemak, dan makanan cepat saji, mengalami penurunan pada bulan Ramadhan. Puasa menyebabkan penurunan hormon stres dalam tubuh, yang dapat menyebabkan pengurangan tekanan darah sementara pada orang yang mengidap
hipertensi.

Puasa juga membuat terjadinya pelepasan bahan kimia tertentu pada otak yang disebut endorfin, hingga mengurangi tingkat stres dan memberikan rasa kesejahteraan secara keseluruhan pada mereka yang menjalani puasa. (Khadijah)