Camilan Manis Berisiko Bikin Anak Konsumsi Gula Dua Kali Lipat

Camilan manis membuat anak-anak berusia 4 sampai 10 tahun makan setidaknya 54g gula sehari
Camilan manis membuat anak-anak berusia 4 sampai 10 tahun makan setidaknya 54g gula sehari (pixabay)

KLIKPOSITIF -  Anak-anak yang makan setidaknya 20 biskuit cokelat atau chocolate chip dalam satu hari bisa mengonsumsi gula hingga 73g. Jumlah itu merupakan jumlah sama yang ditemukan di lima buah donat.

Dilansir dari laman The Sun, penelitian yang dilakukan oleh Dr Modi Mwatsama, dari OHA, menyerukan kepada industri makanan untuk mengurangi kandungan “gula tersembunyi” demi memerangi penyakit yang berhubungan dengan gula, seperti obesitas dan diabetes tipe 2.

Termasuk juga memperingatkan banyak orangtua yang tidak menyadari adanya kandungan tinggi gula yang ditemukan dalam camilan manis yang umum dijumpai. OHA merupakan lembaga yang terdiri dari 39 perguruan tinggi medis dan amal kesehatan, termasuk British Heart Foundation, Cancer Research UK, diabetes UK, dan British Medical Association.

Baca Juga

Camilan manis membuat anak-anak berusia 4 sampai 10 tahun makan setidaknya 54g gula sehari
Peneliti mengungkap, camilan manis membuat anak-anak berusia 4 sampai 10 tahun makan setidaknya 54g gula sehari, dua kali lipat dari rekomendasi harian 24g per hari per anak. Itu berarti dapat membuat sekitar satu dari 10 anak-anak mengalami obesitas ketika masuk sekolah dasar. Menjadi gemuk meningkatkan risiko diabetes tipe 2, jantung, penyakit hati dan beberapa jenis kanker pada masa depan anak.

Dr Modi Mwatsama, dari OHA, mengatakan produsen telah berhasil memotong garam di banyak makanan. Dan peneliti meminta produsen untuk melakukan hal yang sama dengan gula.

"Kebanyakan orangtua memang tidak akan pernah memberikan 20 biskuit cokelat sehari untuk anak-anak mereka, tetapi masih ada begitu banyak gula tersembunyi dalam makanan dan minuman lain yang kerap tak disadari orangtua,” kata Dr Mwatsama.

Sarah Toule, dari World Cancer Research Fund, mengatakan anak-anak yang kelebihan berat badan atau obesitas berisiko terjangkit 11 jenis kanker saat mereka dewasa. 

Editor: Fitria Marlina