Diagnosis Kanker Tingkatkan Kasus Bunuh Diri

"Diantara pasien kanker paru-paru, orang Asia terlihat memiliki risiko bunuh diri lebih dari 13 kali lipat, sementara jumlah korban laki-laki sembilan kali lebih tinggi dari jumlah wanita."
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Ahli dari Weill Cornell Medical College, New York Presbyterian Hospital menemukan bahwa diagnosis kanker pada seseorang penderita penyakit tersebut telah menyebabkan resiko bunuh mencapai 60 persen, terutama dari diagnosis untuk kanker paru-paru.

"Kami melihat dampak dari salah satu peristiwa yang paling menegangkan pada pasien. Ini hal yang membahayakan. Saya pikir dokter yang menangani penyakit kanker pada pasiennya tidak menduga hal ini sebelumhya," kata seorang peneliti kardiotoraks post-doktoral, Mohamed Rahouma.

Ia mengharapkan, penelitian ini dapat mengubah membuka pikiran dokter untuk menghindari dengan membuat kita lebih sadar akan resiko terbesar untuk bunuh diri dalam perawatan pasien.

"Diharapkan para dokter untuk melakukan konseling terhadap diagnosis kanker, karena ini langkah yang bagus, terutama jika pasien tampak depresi. Rujukan untuk dukungan psikologis dan konseling yang sedang berlangsung biasanya tidak terjadi. Ini merupakan kesempatan untuk membantu pasien dengan diagnosis yang membuat mereka takut terkait dengan kelansungan hidupnya." jelasnya.

Penelitian tentang kasus bunuh diri oleh penderita kanker ini dilakukan oleh periset dengan melakukan analisis data dari 3.640.229 pasien di pusat rehabilitasi kanker Amerika mengenai catatan kanker selama periode 40 tahun dari tahun 1973 sampai 2013. Kemudian, periset mendapatkan hasil bahwa hal itu terjadi karena mereka yang didiagnosis kanker mengalami kecemasan akibat rendah tingkat kelansungan hidup.

Dari data itu, pasien kanker paru-paru memiliki empat kali lebih tinggi tingkat bunuh dirinya setelah dibandingkan dengan kematian akibat bunuh diri untuk semua jenis kanker termasuk kanker paru-paru, prostat, payudara dan lainnya. Sedangkan pasien yang berjuang untuk mengatasi penyakit kankernya adalah penderita kanker jantung dan diabetes.

Diantara pasien kanker paru-paru, orang Asia terlihat memiliki risiko bunuh ... Baca halaman selanjutnya