Murahnya Hidup Sehat Ala BPJS Bukittinggi

"Masyarakat diajak sehat melalui Senam PROLANIS"
Senam PROLANIS di GOR Bermawi Bukittinggi, Sabtu 20 Mei 2017 (Istimewa)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF-- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Bukittinggi mempromosikan gaya hidup sehat lewat Gebyar Program Pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS). Program ini merupakan sistem pelayanan dan pendekatan proaktif terhadap peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Para peserta yang tergabung dalam Klub JKN-KIS diajak untuk hidup sehat melalui peningkatan aktifitas fisik seperti senam PROLANIS, edukasi kesehatan kepada masyarakat, pemeriksaan kesehatan gratis maupun lomba cerdas cermat.

‘’Melalui Gebyar PROLANIS, kita promosikan betapa murah dan mudahnya hidup sehat,’’ sebut Kanit MPKP Dewi Minelfa dari BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Sabtu 20 Mei 2017.

Kata Dewi, hidup sehat itu bisa dimulai dengan cara simpel seperti melakukan senam setiap pagi.

“Dengan senam, berarti kita sudah meningkatkan kebugaran dan imun kita sehingga tak gampang sakit,’’ jelasnya.

Jika kesadaran masyarakat meningkat, sebut Dewi, maka jumlah peserta JKN-KIS yang sakit bisa menurun sehingga biaya pelayanan kesehatan dapat dialokasikan ke tindakan preventif untuk menjaga masyarakat tetap sehat.

Pantauan KLIKPOSITIF, acara senam yang dilakukan di GOR Bermawi berlangsung cukup meriah. Ratusan peserta yang berasal dari 13 Klub PROLANIS Bukittinggi tampak bersemangat.

Tak hanya mempromosikan hidup sehat, BPJS Kesehatan Bukittinggi juga memperkenalkan sistem Mobile Screening sebagai salah satu fitur dalam aplikasi BPJS Kesehatan Mobile yang sangat berguna untuk mendeteksi risiko penyakit kronis sejak dini.

‘’Lewat Aplikasi ini, kita berharap peserta JKN-KIS dapat lebih perhatian untuk melakukan pemeriksaan riwayat kesehatannya agar jumlah penderita penyakit kronis bisa menurun,’’ pungkas Dewi.

[Hatta Rizal]