Cuaca Dapat Sebabkan Wanita Hamil Terkena Diabetes

"para peneliti menemukan bahwa wanita Kanada lebih mungkin didiagnosis menderita diabetes gestasional jika mereka terpapar dengan suhu di atas rata-rata yang tentunya lebih panas selama masa kehamilannya, dibandingkan wanita yang hamil di musim dingin."
Ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF -- Sebuah studi yang dilakukan di Rumah Sakit St. Michael dan Institute for Clinical Evaluative Sciences of Toronto menemukan studi baru terkait pengaruh suhu musim panas memiiliki resiko untuk wanita hamil terkena diabetes gestasional yang juga dikaitkan dengan terjadinya pemanasan global.

Dilansir dari Reuters, para peneliti menemukan bahwa wanita Kanada lebih mungkin didiagnosis menderita diabetes gestasional jika mereka terpapar dengan suhu di atas rata-rata yang tentunya lebih panas selama masa kehamilannya, dibandingkan wanita yang hamil di musim dingin.

"Ini adalah bukti kuat bahwa suhu udara dikaitkan dengan peningkatan risiko gestasional," kata penulis utama riset Canadian Medical Association Journal, Gillian Booth.

Booth dan rekannya menulis penelitian menunjukkan paparan tubuh terhadap cuaca dingin meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap hormon insulin.

Seorang wanita hamil yang terkena diabetes gestasional akan berada pada diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional ini tidak merespons atau tidak menghasilkan cukup hormon yang dapat membantu tubuh mengubah gula menjadi energi. Selain itu, penyakit ini bisa meningkatkan resiko pada wanita hamil melahirkan bayi yang lebih besar dari biasanya yang dapat menyebabkan komplikasi selama persalinan.

Sementara itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat menyatakan hampir satu dari 10 ibu hamil mungkin menderita diabetes gestasional akibat terkena pengaruh cuaca yang cukup tinggi.

Untuk studi baru ini, para peneliti menganalisis data dari 396.828 wanita di Greater Toronto Area dari tahun 2002 sampai 2014. Para peneliti mmabndingkan tiap wanita untuk terkena resiko diabetes selama kehamilan di kalangan wanita yang terpapar suhu di luar ruangan dengan suhu rata-rata -10 derajat Celcius, atau 14 derajat Fahrenheit, selama 30 hari sebelum tes diabetes gestasional. Dan perbandingan juga dilakukan pada wanita yang ... Baca halaman selanjutnya