Riset: Anak-anak Lebih Cerdas Jika Habiskan Banyak Waktu dengan Ayah

"Hasil ini menunjukkan pentingnya interaksi berkualitas antara ayah dan bayi di usia muda, kata periset."
Ilustrasi. (Mail Online/Shutterstock)

KLIKPOSITIF - Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa bayi yang menghabiskan waktu berkualitas dengan ayahnya di bulan pertama kehidupan cenderung cerdas di kemudian hari.

"Pesan yang jelas untuk para ayah baru adalah untuk menghabiskan waktu dan bermain dengan bayi Anda. Bermain dan berinteraksi dengan bayi memiliki efek positif," kata penulis studi Profesor Paul Ramchandani dari Imperial College London.

Peneliti telah menganalisis cara berinteraksi 128 ayah dengan bayi mereka yang berumur tiga bulan dan mengukur perkembangan kognitif bayi lebih dari setahun kemudian. Pada usia dua tahun, mereka mengecek perkembangan kognitif anak menggunakan indeks perkembangan mental standar (MDI) - yang melibatkan tugas seperti mengenali warna dan bentuk.

Mereka menemukan korelasi positif antara keterlibatan ayah dan bayi dengan nilai tes anak-anak. Hasil ini menunjukkan pentingnya interaksi berkualitas antara ayah dan bayi di usia muda, kata periset.

Hasilnya, yang dipublikasikan di Jurnal Kesehatan Mental Bayi, juga mengungkapkan bahwa ayah dengan pandangan positif lebih cenderung memiliki anak yang kinerjanya lebih baik pada skala MDI.
Hubungan positif antara ayah dan nilai MDI bayi yang lebih tinggi terjadi terlepas dari jenis kelamin anak.

"Bahkan sejak tiga bulan awal, Interaksi ayah-anak ini dapat secara positif memprediksi perkembangan kognitif hampir dua tahun kemudian, jadi ada sesuatu yang mungkin cukup berarti untuk perkembangan selanjutnya dan itu sebenarnya belum pernah ditunjukkan sebelumnya," kata Profesor Ramchandani.

Sumber: Mail Online