Ini Dampaknya Rutin Konsumsi Asam Folat Saat Hamil Pada Anak

"Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengendalikan dan mengekspresikan emosi dan menangani hubungan dengan orang lain."
Asam folat banyak ditemukan pada sayuran berdaun hijau, misalnya bayam. (Net)

KLIKPOSITIF - Penelitian terbaru mengatakan bahwa anak-anak yang ibunya mengkonsumsi asam folat sepanjang masa kehamilan cenderung lebih stabil secara emosional daripada mereka yang tidak.

Saat ini, wanita hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen 400 mikrogram asam folat perhari selama 12 minggu pertama kehamilan. Tujuannya adalah untuk memastikan perkembangan otak yang baik dan untuk mencegah spina bifida.

Namun para peneliti dari University of Ulster melakukan penelitian untuk melihat efek jangka panjang penggunaan suplemen yang ditemukan secara alami pada sayuran berdaun hijau, seperti bayam itu. Mereka memberi suplemen asam folat pada 22 ibu untuk dikonsumsi sepanjang masa kehamilan sementara 19 lainnya hanya mengonsumsi di tiga bulan pertama.

Peneliti menemukan bahwa anak-anak yang ibunya mengkonsumsi suplemen itu secara keseluruhan memiliki tingkat kecerdasan emosional dan ketahanan yang lebih tinggi dan kosa kata yang lebih banyak. Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengendalikan dan mengekspresikan emosi dan menangani hubungan dengan orang lain. Ketahanan adalah kemampuan untuk mengatasi masalah dalam hidup.

Tidak diketahui mengapa asam folat memiliki efek positif ini, namun diduga karena meningkatkan perkembangan bahasa di otak.

"Dalam hal bagaimana asam folat ini mempengaruhi kecerdasan emosional, kami menduga dampaknya pada pengembangan bahasa yang menyebabkan komunikasi lebih baik dengan orang tua dan mengarah pada interaksi orang tua yang lebih banyak," kata peneliti.

Sumber: Mail Online