Sering Bingung Anda Bau Badan Atau Tidak? Ketahui dengan Tips Ini

"Hal ini bisa terjadi karena reseptor di hidung yang biasanya merespons aroma khas tubuh sendiri praktis ditutup setelah dibombardir dengan aroma yang sama dalam waktu lama."
Ilustrasi. (Mirror.co.uk)

KLIKPOSITIF - Positifers, apakah anda termasuk orang yang diam-diam suka mengendus ketiak untuk memastikan bahwa tubuh anda mengeluarkan aroma tak sedap?

Yap. Ini adalah cara umum yang digunakan untuk mengetahui masalah bau badan bagi orang-orang yang sering bingung ataupun sering merasa tubuhnya tidak berbau. Tapi apakah ini cara yang paling efektif?

Jawabannya tidak.

Jika anda sering merasa tubuh anda tidak mengeluarkan aroma yang tidak sedap maka bisa jadi anda mengalami masalah "hidung mati rasa" atau istilahnya "noseblind".

Menurut Lifehacker, hal ini bisa terjadi karena reseptor di hidung yang biasanya merespons aroma khas tubuh sendiri praktis ditutup setelah dibombardir dengan aroma yang sama dalam waktu lama.

"Pada dasarnya, hidung anda mati rasa karena sering mencium bau tubuh anda," kata Patrick Allan di Lifehacker.

Lantas adakah cara untuk mengembalikan fungsi atau mereset reseptor hidung?

Untungnya, Patrick memiliki beberapa metode yang aman untuk membantu saat Anda merasa "noseblind." Menurutnya, kopi adalah komponen kuat dan salah satu aroma yang dapat mereset kemampuan reseptor hidung yang mengalami mati rasa karena mencium bau sama setiap hari.

Makanya kebanyakan supermarket menyediakan biji kopi di etalase parfum. Anda bisa mencium aroma satu parfum, lalu meresetnya dengan kopi, kemudian mencium aroma lainnya, katanya.

"Selain itu kopi juga mudah didapatkan," ujarnya.

Meski demikian, cara ini tidak bisa langsung mengembalikan fungsi indera penciuman anda dalam sekejap. Perlu waktu beberapa minggu untuk benar-benar mengatasi hidung yang mati rasa.

Sumber: Mirror.co.uk