Meditasi Selama 10 Menit Cukup untuk Atasi Stres

"Peneliti juga menemukan bahwa praktik meditasi tampaknya membantu orang-orang yang cemas untuk mengalihkan perhatian mereka dari kekhawatiran."
Meditasi. (Dailymail/Shutterstock)

KLIKPOSITIF - Duduk santai untuk membersihkan pikiran hanya dalam 10 menit sudah cukup untuk mengatasi stres dan kecemasan, menurut sebuah penelitian.

Penelitian baru mengungkapkan bahwa meditasi singkat akan membantu menghalangi pemikiran internal orang yang gelisah dan membuat mereka berkonsentrasi. Laporan dari University of Waterloo di Kanada adalah yang terbaru untuk menunjukkan manfaat meditasi.

Studi terdahulu telah menemukan refleksi diri dan pemikiran mendalam bahkan bisa memperlambat penuaan dan membantu melawan penyakit.

Menurut Mengran Xu seorang peneliti dan kandidat PhD di universitas tersebut, menyisihkan beberapa menit sehari untuk bermeditasi akan memungkinkan untuk lebih berkonsentrasi.

"Pikiran yang mengembara menyumbang hampir setengah dari setiap arus kesadaran setiap orang. Bagi orang-orang dengan kecemasan, pikiran mengembara yang berulang bisa berdampak negatif pada kemampuan mereka untuk belajar, menyelesaikan tugas, atau bahkan berfungsi dengan aman," katanya.

Peneliti juga menemukan bahwa praktik meditasi tampaknya membantu orang-orang yang cemas untuk mengalihkan perhatian mereka dari kekhawatiran internal ke dunia luar saat ini, yang memungkinkan untuk lebih fokus pada tugas yang sedang dihadapi.

Meditasi telah dikaitkan dengan banyak manfaat termasuk melawan penyakit, dan mengurangi stres dan depresi.

Sumber: DailyMail