Ratusan Pengagum Chairil Anwar Hadiri Parade Puisi di Rumah Gadang

"Parade Puisi ini dimulai dengan kegiatan diskusi publik dengan tajuk 'Chairil Anwar di Antara Pemuda Pergerakan Kemerdekaan'"
Salah Satu Penampilan Kesenian dalam Parade Puisi Chairil Anwar (Ade Suhendra/Klikpositif)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Ratusan pengagum penyair Chairil Anwar padati kawasan Rumah Gadang Chairil Anwar di Jorong Parik Dalam, Taeh Baruah, Kabupaten Limapuluh Kota Jumat 28 April 2017. Tidak hanya berasal dari Luak Limopuluah, pengagum penulis puisi Aku ini juga menarik perhatian dari luar daerah seperti Sumut dan Riau.

Hal ini dalam rangka peringatan meninggalnya sang penyair yang jatuh pada tanggal 28 April. Dimana digelar Parade Puisi Chairil Anwar oleh Forum Inisiator Chairil Anwar Menuju Pahlawan Nasional.

Wakil Ketua Forum Inisiator Iyut Fitra mengatakan, Parade Puisi ini dimulai dengan kegiatan diskusi publik dengan tajuk 'Chairil Anwar di Antara Pemuda Pergerakan Kemerdekaan'. Kemudian menghadirkan pembicara, Yudilfan Habib dengan moderator Nasrul Azwar.

Acara ini dibuka secara resmi Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dengan kegiatan awal penampilan musik tradisi gugus II Taeh Baruah dengan judul 'Mandapek'. Selain diisi dengan penampilan dan pembacaan puisi oleh sederet budayawan, sastrawan serta utusan komunitas sastra di Sumatera Barat, acara juga menampilkan puisi pelajar di Limapuluh Kota.

"Sampai nanti malam, akan ada banyak kegiatan penampilan puisi, pemutaran film dokumenter dan sirompak Taeh," ujar Iyut Fitra.

Ia menambahkan, Parade Puisi Chairil Anwar ini juga masih dalam rangka mendukung pengusulan Chairil Anwar menjadi pahlawan nasional.

"Tentunya untuk meraih keinginan ini kita bersama ikut terlibat dan mendukung agar Chairil Anwar bisa menjadi Pahlawan Nasional sekaligus memasyarakatkan puisi," kata penulis buku Puisi Baromban ini.

[Ade Suhendra]