Ini Alasan Kenapa Anda Harus Mengonsumsi Cangkang Telur

"Bubuk ini tetap merupakan sumber kalsium yang baik dan telah terbukti mengurangi rasa sakit dan kehilangan tulang pada penderita osteoporosis."
Telur. (Net)

KLIKPOSITIF - Selama ini kita sudah tahu bahwa cangkang telur bisa diolah menjadi pupuk kompos, tapi ternyata cangkang yang sering dibuang ini bermanfaat juga untuk dikonsumsi manusia.

Berdasarkan laporan Business Insider, setiap tahun di AS industri makanan bertanggung jawab atas 150.000 ton limbah cangkang telur. Di negara lain seperti Indonesia tentu tidak berbeda karena kita terbiasa membuang cangkang telur.

Maka mulai sekarang, alih-alih membuangnya kita harus memikirkan dengan serius untuk memakan cangkang telur ini. Bukan hanya karena manfaat lingkungan, tapi juga karena nilai nutrisinya. Cangkang telur kaya akan kalsium karena mengandung kalsium karbonat sebesar 95 persen, yang dapat digunakan sebagai antasid untuk meredakan sakit maag, gangguan pencernaan asam, dan sakit perut. Satu cangkang telur mengandung sekitar dua gram kalsium.

Lantas bagaimana cara mengolah cangkang telur agar aman dikonsumsi?

Pertama rebus cangkang telur untuk menghancurkan bakteri berbahaya. Setelah direbus dengan baik, panggang di oven selama 15 sampai 20 menit dengan suhu mendekati 93 derajat celcius. Selanjutnya hancurkan sampai menjadi bubuk yang halus, anda bisa menggunakan blender.

Bubuk ini tetap merupakan sumber kalsium yang baik dan telah terbukti mengurangi rasa sakit dan kehilangan tulang pada penderita osteoporosis.

Sumber: Mirror.co.uk