Ini Dampak Kehamilan pada Pertumbuhan Rambut dan Kuku

"Hormon yang dihasilkan tubuh akan menyebabkan rambut tumbuh semakin lebat dan akan berkurang kerontokannya. "
Perempuan hamil. (Net)

KLIKPOSITIF - Kehamilan ternyata tidak hanya membawa perubahan pada sistem hormon dan pada organ tubuh anda. Tapi efek hamil juga akan dirasakan sejumlah tubuh seperti rambut dan kuku.

Dilansir dari kidshealth.org, perubahan hormon merupakan salah satu penyebab munculnya perubahan pada rambut dan kuku. Selama hamil, rambut perempuan akan memiliki perbedaan tekstur dan mengalami kecepatan pertumbuhan.

Hormon yang dihasilkan tubuh akan menyebabkan rambut tumbuh semakin lebat dan akan berkurang kerontokannya. Kondisi ini tidak akan permanen tentunya, karena pada umumnya sebagian besar dari anda yang sedang mengandung akan kehilangan rambut dalam jumlah yang tidak sedikit setelah melahirkan atau setelah tidak menyusui bayi lagi.

Selain di kepala, saat hamil rambut juga akan tumbuh di tempat-tempat yang tidak umum, seperti di bagian wajah, perut, atau di sekitar payudara.

Terkadang, rambut yang tumbuh ini juga akan berubah teksturnya menjadi lebih kering atau juga lebih berminyak. Bahkan, sering juga rambut tersebut akan berubah warnanya.

Sama seperti rambut, hormon yang berlebih dalam tubuh juga akan membuat kuku tumbuh lebih cepat dan lebih kuat. Meskipun, terkadang ada pula beberapa wanita yang mendapati kuku-kuku mereka lebih mudah patah selama masa kehamilan.